sep_2013_event_invitePada 10 September  pukul 10 pagi waktu Pasifik atau sekitar 11 September pukul 24 WIB, Apple mengadakan media event yang membahas tiga produk Apple yang baru. Event  yang bertajuk “This should brighten everyone’s day” – atau ‘Ini akan membuat hari setiap orang lebih cerah’ diadakan di kantor Apple, Cupertino, California. Sesuai dengan rutinitas tahunannya, pada event ini Apple memperkenalkan seri iPhone dan iOS baru.

Event ini sendiri sudah diantisipasi oleh media sejak lama, karena tiap tahunnya Apple mengadakan event pada bulan Agustus hingga September. September 2012 lalu, Apple memperkenalkan iPhone 5, iPhone dengan desain baru. Mirip seperti transisi iPhone 4 ke iPhone 4S, pada tahun ini iPhone baru yang diluncurkan tidak akan memiliki desain yang berbeda dibanding iPhone 5, namun dengan tambahan beberapa kemampuan baru dan peningkatan performa. Baiklah, akan Teknimo jelaskan satu per satu hal baru apa saja yang diperkenalkan pada event kali ini.

iOS 7ios71

Versi beta iOS 7 sebenarnya sudah diperkenalkan pada event WWDC bulan Juni lalu. Sejak saat itu, iOS 7 terus disempurnakan hingga cukup stabil. Pada 18 September mendatang, rilis final dari iOS 7 akan tersedia dan dapat dinikmati secara gratis.

Apa yang paling berbeda dari iOS 7 adalah desain.  Berbeda dengan iOS 6 dan versi lama sebelumnya, iOS 7 menerapkan desain skeumorphic. Banyak elemen desain menggunakan tekstur, tombol mengilat, dan efek tiga dimensi lain. iOS 7 memiliki desain yang lebih rata dan lebih menonjolkan bentuk dan warna.

iOS 7 memiliki desain yang lebih cerah dan berwarna. Selain itu, iOS 7 juga memaksimalkan kemampuan pemrosesan grafik dengan menambahkan banyak animasi dan transparansi di beberapa fungsionalitas. Dilihat dari tampilannya, tidak banyak perubahan sejak pengenalan iOS 7 pertama kali di WWDC. Mungkin hanya beberapa perubahan icon dan font yang lebih tebal.

Perubahan ini tidak lepas dari pengaruh Jonathan Ive, desainer dibalik pembuatan hampir semua produk Apple selama 13 tahun terakhir. Jonathan Ive menggantikan posisi Scott Forsal sebagai pemimpin pengembangan iOS, dan bertanggung jawab terhadap arah pengembangan iOS agar bisa bersaing dengan sistem operasi mobile lainnya, seperti Android dan Windows Phone.

Tidak hanya tampilan yang berubah, ada beberapa fungsionalitas baru yang ditambahkan di iOS 7. Salah satunya control center, yang merupakan jalan pintas untuk mengakses beberapa pengaturan sistem operasi. Ditambahkan juga beberapa tambahan fasilitas keamanan, air drop yang berfungsi untuk berbagi data antar pengguna iOS lain maupun komputer Mac, dan fasilitas untuk multi tasking.

Tak sedikit aplikasi ‘bawaan’ iOS yang didesain ulang dan disempurnakan. Diantaranya adalah Safari, dengan tampilan transisi antar tab yang lebih baik. Game Center juga didesain ulang. Aplikasi kamera tampil dengan desain baru sekaligus tambahan beberapa efek baru.

Tentunya tidak semua perubahan akan ditulis di sini, ada ratusan perubahan dan fitur-fitur baru yang disematkan pada iOS 7. Teknimos bisa membaca fitur barunya di halaman resmi Apple. Menurut SVP Software Engineering Apple, Craig Federighi, menggunakan iOS 7 akan terasa mendapatkan perangkat yang benar-benar baru.

Fitur baru iOS 7

Fitur baru iOS 7

iOS 7 akan mendukung iPhone 4, iPhone 4S dan 5, iPod Touch generasi kelima, iPad Mini, iPad 2 dan iPad 3. Sayangnya iOS baru ini tidak akan mendukung generasi perangkat iOS sebelumnya seperti iPhone 3GS dan generasi sebelumnya, serta iPad generasi pertama. Sementara itu perangkat baru Apple, seperti 5S dan 5C akan langsung dibundel iOS7.

iWork Gratis Untuk Pembeli Baru

iWork di iPad

iWork di iPad

Apple mengumumkan bahwa iWork versi iOS akan diberikan secara gratis untuk siapapun yang membeli perangkat iOS baru. iWork versi iOS merupakan aplikasi buatan Apple yang ditujukan untuk produktivitas. Paket aplikasi ini terdiri dari Pages (untuk membuat dokumen), Numbers (spreadsheet), Keynote (untuk membuat presentasi), iPhoto dan iMovie. Paket ini sebenarnya merupakan paket berbayar dengan total nilai sekitar 400 ribu rupiah.

Namun Apple tidak menjelaskan apakah ini berlaku juga untuk orang yang sudah membeli perangkat iOS sebelumnya dan apakah ada batasan waktu untuk promo ini.

Sebagai informasi, iWork versi iOS merupakan upaya keras Apple untuk membuktikan bahwa iPad juga cocok untuk membuat konten.  Sebelumnya, orang skeptis bahwa iPad tidak bisa digunakan untuk membuat konten dan hanya cocok untuk menikmati konten. Walau memang tidak selengkap PC, namun saat ini terbukti bahwa tablet juga bisa digunakan untuk berkreasi. Bahkan untuk membuat dokumen sekalipun. Tidak hanya menggunakan iPad, namun juga tablet dengan sistem operasi lain.

iPhone 5C & 5S

Produk ini yang paling menjadi bahan diskusi paling hangat selama beberapa minggu terakhir. Dengan berbekal bocoran-bocoran dari pabrik di China dan blogger, orang bisa meraba sedikit demi sedikit bagaimana wujud iPhone yang akan dikenalkan Apple tahun ini. Dan banyak diantaranya terbukti benar. Contohnya tentang iPhone versi murah yang bahkan sudah dirumorkan bertahun-tahun yang lalu.

Biasanya Apple memperkenalkan hanya 1 seri iPhone setiap tahunnya dan membuat iPhone versi sebelumnya menjadi lebih murah.  Tahun ini sedikit berbeda, ada dua seri iPhone yang diperkenalkan, yaitu iPhone 5S dan 5C.

Teknimo akan membahas mengenai iPhone 5C terlebih dahulu.

iPhone 5C

iPhone 5C

Walau sebelumnya banyak yang skeptis mengenai iPhone murah, namun akhirnya Apple membuatnya juga. Pada dasarnya, iPhone 5C adalah iPhone 5 yang menggunakan casing plastik dan membuatnya menjadi lebih tebal, namun lebih ringan. iPhone 5C menggunakan bahan polycarbonate, material yang juga digunakan oleh Nokia pada seri Lumia. iPhone 5C hadir dalam 5 warna yakni hijau, putih, biru, merah dan kuning.

Komponen internalnya sama persis dengan iPhone 5. Layar IPS dengan ukuran 4 inchi, 1136 x 640 pixel, lightning connector,  SoC Apple A6 dengan RAM 1 GB, Wi-fi, LTE dan pilihan penyimpanan 16 serta 32 GB. Yang berbeda hanya pada ukuran baterai yang lebih besar, improvisasi pada sistem antena, dan kamera 8 megapixel di belakang dan kamera depan yang sedikit lebih baik.

Di US, iPhone 5C diberi harga $99 untuk 16 GB dan $199 untuk 32 GB dengan kontrak selama 2 tahun. Harga kontrak di Indonesia mungkin akan sedikit lebih mahal, tergantung dari operator yang menjualnya. Harga tanpa kontrak mungkin akan berada di kisaran harga 4-6 juta. Masih tetap mahal ya, Teknimos.

Sekarang mari kita bahas iPhone 5S.

Jika tahun lalu iPhone didesain ulang dari 4S menjadi iPhone 5, tahun ini fokus perubahan iPhone 5S adalah peningkatan performa dan penambahan fungsi.

iphone_5s_forward

iPhone 5S

Prosesor A7 64 Bit

iPhone menggunakan prosesor baru bernama A7 dengan arsitektur 64 bit. Prosesor baru ini membuat kinerja iPhone meningkat 2 kali lipat dibanding iPhone 5. Apple mengklaim bahwa kemampuan grafis prosesor baru ini 56 kali lebih baik dibandingkan iPhone generasi pertama yang diluncurkan 6 tahun lalu. Yang pasti, ini menjadikan game 3D untuk iPhone 5S memiliki grafis yang lebih realistis, mulus dan detail.

Selain itu, ditambahkan juga komponen prosesor lain yang bernama M7. M7 merupakan chip yang berfungsi untuk memonitor data sensor secara kontinu.

Sensor seperti akselerometer, gyroskop dan kompas dimonitor oleh M7 tanpa melibatkan prosesor A7. Hasilnya adalah pembacaan data yang lebih akurat, membuat iPhone bisa dengan tepat memprediksi perubahan posisi perangkat dan kecepatannya. Fungsi ini berguna untuk aplikasi yang  banyak menggunakan sensor. Selain lebih akurat, fungsionalitasnya juga lebih luas. Misalnya seperti memprediksi jumlah langkah kaki ketika lari.

Sensor Touch Id

touch_id_finger

Touch Id

Yang baru lainnya adalah sensor sidik jari. Sensor ini menyatu di tombol home dan berfungsi untuk banyak fungsi keamanan, seperti membuka kunci dan melakukan pembayaran via iPhone. Sensor yang dinamakan “Touch Id sensor” dapat menggantikan input password yang biasa digunakan untuk membuka kunci. Tentu akan lebih nyaman menyentuhkan jempol di tombol home dibandingkan mengetik password.

Dan menurut review yang Teknimo baca, sensor ini memiliki kemampuan yang sangat baik. Sidik jari bisa terbaca dengan akurat dan cepat walau dengan posisi jari yang berbeda-beda. Dan untuk menggunkannya, hanya dibutuhkan sentuhan sederhana.  Videonya dapat Teknimos lihat di sini.

Sensor ini dilindungi oleh kristal safir dan cincin besi tahan karat  yang mengelilingi tombol home. Pada iPhone 5, kristal safir hanya digunakan untuk melindungi kamera.

iphone-5s-sensor

Komponen Home Button

Peningkatan Kamera

iPhone 5S memiliki kamera yang lebih baik. Walau masih memiliki resolusi 8 megapiksel, kamera iPhone 5S memiliki ukuran sensor yang lebih besar yakni 1.5-micron per pixel. Komponen lensa baru memungkinkan kamera memiliki bukaan diafragma dengan angka f2.2. Dengan bahasa sederhana, kamera iPhone akan jauh lebih baik pada kondisi kurang cahaya dan mampu menghasilkan gambar yang lebih baik.

iPhone 5S juga dilengkapi dengan dua flash light yang memiliki warna berbeda. Dua warna ini berfungsi untuk membuat warna foto ketika menggunakan flash menjadi lebih natural. Sebagai informasi, penggunaan flash pada kamera kadang membuat warna obyek menjadi kurang natural, misalnya terlalu biru atau terlalu cerah. Dua buah lampu akan mengatasi masalah ini.

Peningkatan kinerja prosesor juga membuat kemampuan rekaman video iPhone 5S menjadi lebih baik. iPhone 5S dapat merekam video 720p dengan frame rate 120 fps. Dengan frame rate ini, kita dapat membuat video slow motion dengan menggunakan iPhone. Burst mode dan image stabilizer juga merupakan peningkatan kemampuan untuk kamera.

Philp Schiller saat menjelaskan kamera baru iPhone

Philp Schiller saat menjelaskan kamera baru iPhone

Burst mode baru ini dapat memiliki kecepatan 10 fps, atau sepuluh kali ambil gambar di tiap detiknya. iPhone 5S juga dapat mengambil gambar beberapa foto dalam sekali tekan, dan hanya memilih satu foto terbaik secara otomatis

Biasanya Apple hanya menyediakan 2 warna untuk iPhone. Kali ini, satu warna baru ditambahkan, yaitu warna emas. di US, iPhone 5S diberi harga $199 untuk 16 GB, $299 untuk 32GB, $399 untuk 64GB dengan 2 tahun kontrak. Di Indonesia? Mungkin sekitar 6-9 jutaan tanpa kontrak, hampir sama seperti harga iPhone 5 sekarang.  iPhone 5S dan 5C mungkin akan tersedia di Indonesia secara resmi pada bulan Desember. Teknimos ada yang tertarik untuk membelinya?