Fullscreen capture 3282013 93330 PM.bmp

Google memang dikenal sebagai perusahaan yang terbuka, banyak produk berlabel opensource yang dibuat oleh Google, misalnya seperti Chromium, Android dan banyak produk lainnya. Mereka juga tidak pelit untuk berbagi ilmu, terutama tentang teknologi yang digunakan dilayanannya.

Salah satunya adalah halaman Google yang menjelaskan teknologi search engine miliknya. Informasi dari google ini tidak ditampilkan dalam bentuk teks biasa, namun lebih interaktif. Google membuat semacam presentasi menarik dalam bentuk halaman web, lengkap dengan animasi, gambar dan font berukuran besar.

Presentasi ini terdiri dari 3 bagian, yang menerangkan proses bagaimana Google menyajikan layanan pencariannya. Di mulai dari bagian pertama, yakni Crawling and Indexing.

Crawling merupakan proses menelusuri halaman web. Yakni dengan membuka halaman web, jika crawler google menemukan link, maka akan proses penelusuran dilanjutkan ke alamat yang ditunjuk di link tersebut. Proses ini berlangsung terus menerus tanpa henti, menelusuri hingga trilliunan halaman web. Hasil penelusuran ini disimpan dalam bentuk indeks di database raksasa Google.

Fullscreen capture 3282013 95100 PM.bmp

Bagian 2 : Algoritma

Bagian dua menerangkan tentang algoritma yang digunakan google untuk menyajikan hasil pencarian yang tepat. Banyak sekali faktor-faktor yang dipertimbangkan untuk menentukan urutan hasil pencarian. Ada lebih dari 200 faktor, mulai dari kualitas situs atau halaman, keterbaruan info, bahasa dan sebagainya. Algoritma google ini terus menerus berubah, menyesuaikan keadaan dan berusaha terus menjadi lebih baik.

Fullscreen capture 3282013 95107 PM.bmp

Bagian terakhir adalah tentang usaha Google untuk mengurangi hasil pencarian spam. Yang teknimo baru tahu disini, ternyata proses melawan spam ini tidak semua dilakukan otomatis, ada sentuhan manual, sentuhan manusia di proses ini. Ketika ada yang salah, google akan menghubungi pemilik situs bermasalah satu persatu dan menunggu respon dari mereka.

Itu adalah sekilas bagaimana mesin pencari bekerja, versi Google tentunya. Yang pasti, dibalik halaman hasil pencarian yang sederhana itu, banyak sekali proses-proses yang terjadi dibelakang. Yang secara hati-hati dibentuk dan ditest, untuk melayani pencarian sebanyak 100 milyar pencarian tiap bulannya dengan tetap akurat.

Tidak Hanya Itu

Selain dalam bentuk presentasi menarik, kita juga bisa membaca info lebih lanjut dalam bentuk teks biasa dan video penjelasan dari tim internal Google. Yang pasti, banyak pengetahuan yang bisa diserap disini. Sebagai pengguna mesin pencari Google (atau ada yang tidak pernah menggunakan google?), pastinya perlu juga mengetahui bagaimana mesin ini bekerja. Jadi tidak sekedar sebagai pemakai pasif, wawasan kita akan lebih luas mengenai pencari. Jadilah pengguna yang cerdas teknimos dan selamat belajar. :D

Oia, halaman ini bisa teknimos akses di alamat how search works.