Seminar Internation Sharing Series yang bertajuk “Fenomena Cloud Computing di Indonesia”

Seminar Internation Sharing Series yang bertajuk “Fenomena Cloud Computing di Indonesia”

Pada hari Sabtu, 13 Oktober 2012 kemarin,  Forum Alumni Institut Teknologi Telkom atau yang biasa disebut FAST  menggelar sebuah seminar Internation Sharing Series yang bertajuk “Fenomena Cloud Computing di Indonesia“. Dengan mengambil tempat di Auditorium Gedung K Kampus IT Telkom Bandung, acara seminar ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya, namun dengan kursi terbatas. Minat terhadap acara ini cukup tinggi, kuota yang disediakan untuk acara yang mengundang seorang international speaker ini langsung habis karena banyaknya yang mendaftar, sampai-sampai pihak panitian menambah kuota kursi peserta.

Ruangan ramai oleh peserta Seminar Cloud Computing

Ruangan ramai oleh peserta

Topik yang diangkat dalam acara ini mengenai cloud computing yang sedang berkembang di Indonesia. Cloud Computing memang sedang hangat diperbincangkan, namun belum banyak khalayak yang tahu. Padahal Cloud Computing akan menjadi suatu teknologi yang sangat berpengaruh ke depannya nanti. Untuk itulah, acara seminar ini diadakan. Acara ini diadakan dengan tujuan untuk mengedukasi bangsa Indonesia tentang keberadaan Cloud Computing.

#CloudITT

Acara

Pintu mulai dibuka semenjak pukul 08.30 WIB dan peserta diperbolehkan untuk registrasi dan masuk. Dihadiri oleh sekitar 200 orang, acara pun dimulai pada pukul 09.00 WIB. Dibuka oleh MC dan dilanjutkan dengan sambutan, acara berlanjut dengan pembicara pertama, yaitu Bapak Arief Hamdani Gunawan dari Telkom Indonesia.

Bapak Arief Hamdani Gunawan menjelaskan tentang “Introduction to Cloud Computing”

Bapak Arief Hamdani Gunawan menjelaskan tentang “Introduction to Cloud Computing“, pengenalan terhadap cloud computing. Cloud computing merupakan suatu pengintegrasian resource computing yang dapat digunakan bersama-sama sehingga lebih cost efficient. Beliau mengatakan cloud computing bisa ada karena adanya teknologi internet yang mendukung implementasinya. Berbagai negara di dunia sudah mendukung cloud computing.

Dr. Kadangode K. Ramakrishnan

Pembicara kedua, Dr. Kadangode K. Ramakrishnan, yang datang dari India merupakan seorang IEEE Distinguished Lecturer, AT&T Fellow, researcher AT&T Laboratories. Sesi ini menjelaskan lebih dalam mengenai cloud computing. Beliau juga menjelaskan mengenai migrasi data pada perusahaan menuju cloud platform dan bagaimana membuatnya secara aman. Pada sesi ketiga merupakan talkshow yang membahas tentang cloud computing dari sisi bisnis oleh Telkom Sigma. Tidak seperti pembicara Dr. Kadangode K. Ramakrishnan yang banyak menjelaskan hal-hal yang sifatnya teknis,  sesi ini membahas lebih jauh tentang konsep bisnis yang bisa dilakukan dalam cloud computing ini. Pada sesi keempat, dijelaskan mengenai kegunaan cloud computing dalam kehidupan sehari-hari.

Seminar Internation Sharing Series yang bertajuk “Fenomena Cloud Computing di Indonesia”

Sesi kelima diisi oleh Bapak Kurnia Wahyudi dari IBM Indonesia. Sesi ini membahas bagaimana implementasi cloud computing di perusahaan. Beliau mengambil contoh implementasi cloud computing yang ada pada IBM. Setelah mengadopsi platform cloud, IBM dapat menghemat energi hingga 80% dan hemat space tempat hingga 85%. Sesi berikutnya mempresentasikan tentang pentingnya cloud computing.

Foto Bersama FAST International Sharing Series: “Fenomena Cloud Computing di Indonesia”

Sesi terakhir diisi oleh tanya-jawab terhadap para pembicara. Terlihat tiap peserta benar-benar antusias terhadap Cioud Computing ini. Dan terakhir, acara pun ditutup dengan pemberian plakat dan foto bersama. Acara yang didukung oleh FAST, IT Telkom, dan IEEE Communications Society ini sangat bermanfaat. FAST yang beranggotakan 19.000 orang alumni IT Telkom yang tersebar di 24 negara memang sering mengadakan event sejenis. Semoga ke depannya semakin banyak komunitas lain yang mengadakan acara edukasi seperti ini. Untuk Indonesia yang lebih maju.