Didirikan pada tahun 1972, Atari merupakan perusahaan video game komersil yang pertama. Pada saat itu bahkan di Amerika, kata  “video game” masih terdengar asing. Komputer personal pada masa itu masih dalam fase awal perkembangannya. Dan game digital belum populer pada saat itu. Atari didirikan oleh Nolan Bushnell dan sempat memperkerjakan Steve Jobs sebagai teknisi pada tahun 1974.

Produk awal Atari berupa konsol dingdong yang  berbentuk seperti lemari kabinet. Alat ini dapat memainkan pingpong untuk dua pemain.  Mungkin Teknimos banyak yang pernah memainkannya, yakni game Pong. Game legendaris ini sebenarnya dibuat oleh seorang programmer sebagai alat testing untuk pendiri Atari, Nolan Bushnell. Cara memainkan Pong sendiri cukup mudah, hanya perlu menangkis bola pingpong di layar ke arah lawan, namun game ini cukup adiktif. Membuatnya menjadi game komersil pertama yang sukses.

Kesuksesan Pong membuat Atari terus membuat game dan konsol lainnya. Salah satu produk suksesnya adalah game konsol Atari 2600. Atari juga membuat konsol game portable pertama, sebelum Nintendo Game Boy, yaitu Lynx. Tapi popularitasnya menurun pada tahun 1984, ketika market game dibanjiri oleh game dengan kualitas rendah dan mulai populernya Nintendo di Amerika. Hal ini membuat keuntungan Atari turun drastis pada saat itu.

Atari 2600

Namun Atari terus merilis konsol game-nya yang baru, seperti Atari falcon, Atari jaguar dan Lynx. Hingga pada tahun 1999, perusahaan Infogrames membeli semua aset Atari dan mengekspansi gamenya untuk semua platform game yang tersedia setahun kemudian. Pada tahun 2009, Infogrames mengubah namanya kembali menjadi Atari. Pada tahun itu pula, pendiri Atari, Nolan Bushnell, kembali ke Atari sebagai penasihat.

Game Atari tetap masih disukai hingga saat ini. Pada tahun 2011, Atari meluncurkan  game Arcade miliknya yang dulu terkenal di Appstore milik Apple dan mampu menembus angka 10 juta kali download.

Kebangkrutan Atari

Pada tanggal 21 Januari lalu, Atari mengajukan petisi untuk kebangkrutannya, dan masih dalam proses hingga saat ini. Sejak pertama kali berdiri, Atari sudah mempublikasikan sekitar 400 game yang tersedia untuk berbagai macam platform game. Untuk lebih lengkapnya, Teknimos bisa melihat infographic berikut :

Klik Untuk gambar yang lebih besar