howSejauh apa Teknimos tahu tentang Google Glass? Sebuah perangkat komputer futuristik berbentuk kacamata buatan Google. Perangkat  ini hanya terdiri dari satu lensa untuk satu mata, dan dipakai seperti kacamata biasa. Namun istimewanya, lensa tersebut sebenarnya merupakan proyektor kecil yang berfungsi sebagai layar transparan.  Layar ini bisa menampilkan informasi apapun seperti jalan, teks informasi dan sebagainya. Namun karena transparan, kita masih bisa melihat  obyek yang didepan mata kita.

Google glass bisa disebut sebagai ‘wearable computer‘, yakni perangkat komputer yang bisa dikenakan. Contoh wearable computer lainnya adalah gadget berbentuk jam tangan, yang sekarang sudah banyak ada. Banyak yang mengatakan perangkat jenis ini akan menjadi bentuk komputer yang sehari-hari kita gunakan.

Google Glass diperkenalkan Google tahun lalu dan kemungkinan akan mulai dijual akhir tahun 2013 atau awal tahun 2014.

Walau komputer berbentuk kacamata yang dilengkapi dengan augmented reality bukanlah ide baru, namun Google Glass menjadi perhatian karena proyek ini dukung oleh perusahaan sebesar Google. Dilengkapi dengan natural language processing, apa saja yang bisa Google Glass lakukan?  Merekam gambar, video, dan aktivitas yang menggunakan teknologi augmened reality, dan sebagainya. Teknimo bisa melihat daftarnya di halaman resmi Google Glass.

Bagaimana Cara Kerja Google Glass?

Di artikel ini Teknimo akan menjelaskan cara kerja Google Glass dalam bentuk infographic. Cara kerja ini didasarkan pada mekanisme yang sudah dipatenkan oleh Google. Agar lebih mudah, infographic ini dibagi dalam beberapa bagian yang dilengkapi dengan penjelasan. Terima kasih untuk  M. Missfeldt, pembuat infographic ini.

Anatomi Google Glass

Anatomi Google Glass

Gambar diatas ini adalah anatomi Google Glass.  Berbentuk seperti kacamata biasa, namun tidak dilengkapi dengan dua lensa. Melainkan sebuah kaca kecil yang di dalamnya terdapat kaca prisma transparan yang berfungsi untuk menampilkan gambar. Terdapat juga kamera yang digunakan untuk merekam video dan foto. Mikrofon untuk input suara terletak di dekat kamera.

Perangkat internal seperti CPU, memori, chip GPS terletak pada bagian kanan Google Glass. Sedangkan speaker terletak di dekat telinga. Komponen yang memberikan energi untuk Google Glass, yakni baterai, terletak di bagian belakang.

google-glass-infographic_2

Prisma untuk memantulkan gambar dari proyektor ke mata

Bagaimana cara Google Glass Menampilkan gambar? Teknimos bisa melihat gambar di atas. Di ujung kaca ada sebuah proyektor kecil, yang berfungsi sebagai layar Google Glass.

google-glass-infographic_3

Fokus langsung ke mata

Cahaya dari layar dipantulkan melalui prisma transparan ke arah mata pengguna. Melalui prisma inilah pengguna bisa melihat objek augmented reality, melihat menu, aplikasi, dan sebagainya. Karena transparan, pengguna bisa tetap melihat objek nyata di depan.

Jika memakai Google Glass, kita bisa melihat seperti biasa, namun dengan tambahan objek-objek dari proyektor. Bisa berbentuk teks, gambar dan sebagainya.

google-glass-infographic_4

Tantangan untuk yang sudah berkacamata

Bagaimana untuk pengguna yang sudah berkacamata? Ini adalah salah satu tantangan untuk Google Glass. Untuk solusinya, Google Glass bisa ditempatkan di depan kacamata biasa, namun solusi terbaik, kita tunggu saja berita dari Google.

Infographic lebih lengkap bisa Teknimos lihat di gambar ini . Bagaimana?  Teknimos tertarik memiliki Google Glass?