Banyak yang terjadi selama tahun 2012 ini, beberapa waktu yang lalu Teknimo menulis   tentang Google Zeitgeist. Yang merupakan rangkuman pencarian Google diseluruh dunia. Kali ini Teknimo akan membahas kilas balik toko aplikasi buatan Apple selama tahun 2012, Appstore. Appstore merupakan layanan toko aplikasi yang dikembangkan oleh Apple untuk OS mobilenya, iOS. Bagi pemilik perangkat iOS, setidaknya pernah memanfaatkan Appstore untuk mencari dan mengunduh aplikasi.

Selama tahun 2012 ini, banyak yang terjadi di Appstore. Ratusan ribu aplikasi baru, desain baru iTunes Store di iOS6 dan Mac, dan kejadian lainnya. Semua itu dirangkum dengan apik di infographic yang dibuat oleh tim Appsfire.

Dari infographic tersebut, ada beberapa fakta yang menarik. App Store memiliki ekosistem yang sangat sehat, ada lebih dari 1 juta aplikasi yang di-submit dan disetujui oleh Apple.  Dan hanya di tahun 2012, ada 300 ribu aplikasi baru  dan 90 ribu developer baru yang bergabung. Dari sekian banyak aplikasi tersebut, hanya ada 34% berbayar, sisanya gratis.

Namun seperti dunia bisnis lainnya, tidak semua aplikasi mendapat kesuksesan. Dari 1 juta aplikasi, hanya ada sekitar 11% yang mendapat transaksi dari pengguna iOS. Sekitar 64% aplikasi hanya sedikit menimbulkan daya tarik, dalam atau bisa disebut kurang sukses. Sisa aplikasi lainnya gagal di pasaran dan ‘pensiun’. Game menjadi kategori yang paling populer. Dari seluruh kategori yang ada, game mencakup 16% dari keseluruhan aplikasi. Dan aplikasi dari kategori ini  paling sering muncul di jajaran aplikasi terbaik.

Untuk lebih lengkapnya, Teknimos bisa membaca infographic berikut : 

 

Sumber Gambar : Appsfire Blog