Selama 20 tahun terakhir, Internet banyak digunakan sebagai media penyebaran informasi dan komunikasi tanpa batas. Banyak peranan internet di aktifitas pendidikan, perdagangan hingga politik.  Beberapa perubahan yang terjadi baru baru  ini juga muncul berkat bantuan internet.  Mulai dari aktifitas hacking hingga cara berkomunikasi manusia melalui internet, menyebabkan banyak memicu revolusi yang mengubah dunia.

Contohnya adalah dokumen yang dipublikasikan oleh WikiLeaks memicu munculnya Arab Spring, sebuah gelombang demonstrasi dan revolusi di dunia Arab yang dimulai dari tahun 2010 lalu. Media Sosial Facebook juga punya peran dalam menggerakan massa selama demonstrasi.

Tidak hanya dunia politik yang dipengaruhi oleh internet. Yang paling dekat saja, yakni kehidupan sosial manusia. Pola komunikasi berubah, ketertarikan orang pada bidang tertentu juga bisa difasilitasi oleh internet.  Misalnya youtube, situs berbagi video terbesar ini di isi oleh banyak video dengan berbagai tema. Hingga tahun 2011 saja, jumlah putaran video di youtube mencapai 1 triliun, dengan 800 juta pengunjung unik perbulan dan 72 jam video yang diupload tiap menitnya.  Sedangkan layanan berbagi foto melalui smartphone, Instagram, mempunyai 90 juta pengguna aktif, walaupun hanya ada 139.500 fotografer profesional di US saja.

Di bidang pendidikan, internet membuat siswa tidak harus belajar diruangan dann bertemu langsung dengan pengajarnya. Belajar bisa dilakukan dimana saja. Lebih dari 6,7 juta siswa  atau kurang lebih 32% dari seluruh siswa di US paling tidak pernah  mengambil 1 kelas online. Dan 77% dari pemimipin akademisi berpendapat bahwa belajar secara online memiliki efektifitas yang sama bahkan lebih baik dibanding tatap muka secara langsung.

Saat ini, ada 2 milyar manusia yang terhubung dengan internet, atau meningkat 556% dibanding tahun 2000. Di banding teknologi lainnya, internet terbilang masih sangat muda.  Tapi perubahan yang ditimbulkan lebih besar dibandingkan teknologi lain yang ditemukan oleh manusia. Pengaruhnya juga menyentuh seluruh aspek kehidupan manusia.

Kebutuhan untuk belajar, keinginan, belanja, hingga komunikasi dapat dipenuhi dengan internet. Seperti yang tadi disebutkan, internet masih sangat muda, artinya, nantinya akan makin banyak perubahan yang ditimbulkan oleh internet. Tapi perubahan itu lebih kearah positif atau negatif?

Yang jelas, teknologi tetap bermata dua, cara kita menggunakan internet mungkin akan mempengaruhi arah peradaban manusia, apakah nanti makin maju, atau justru ada degradasi sosial? Bagaimana pendapat teknimos?

Data -data ini dapat teknimos nikmati pada infographic dibawah ini :