Versi browser terbaru Microsoft, Internet Explorer 10 sebelumnya tersedia hanya untuk Windows 8 dan di-bundle langsung di dalamnya sejak peluncurannya bulan lalu. Hingga kemarin, Microsoft belum menyediakan Internet Explorer untuk Windows 7. Namun pada 14 November, akhirnya versi Internet Explorer untuk Windows 7 tersedia dan bisa di-download secara gratis di Website resmi Microsoft.  IE 10 bisa diinstal di Windows 7 64 atau 32 bit, dan hanya tersedia untuk Windows 8 dan Windows 7.

Versi Internet Explorer ini sebenarnya masih berstatus release preview. Versi ini adalah versi preview pertama sejak  peluncuran platform preview untuk Windows 7 setahun yang lalu. Walau masih belum final, namun seri ini diperkirakan sudah siap untuk pemakaian sehari-hari karena pada proses instalasi, Internet Explorer yang sebelumnya terinstal akan digantikan secara penuh oleh IE 10.

Tertundanya peluncuran IE 10 untuk Windows 7 diperkirakan karena adanya perbedaan platform antara Windows 7 dan Windows 8. IE 10 untuk Windows 8 sudah diluncurkan sebelumnya, dan IE 10 untuk Windows 7 harus disesuaikan terlebih dahulu agar bisa berjalan baik di platform yang berbeda.

IE 10 membuka teknimo

Secara kasat mata, tampilan Internet Explorer 10 sedikit berubah, selaras dengan tampilan desktop Windows 8.  Beberapa fitur membuat navigasi dengan touchscreen menjadi lebih mudah. Ada beberapa penambahan fitur baru seperti fitur Do Not Track yang diaktifkan secara default. Do Not Track merupakan fitur agar website eksternal tidak bisa mengambil data user untuk menjaga privasi.

Untuk Teknimos pengguna Windows 7 yang ingin menjajalnya, silahkan kunjungi link ini. Pilih bahasa dan versi sistem operasi yang diinginkan. Klik Download, jalankan file instalasi kemudian restart setelah proses instalasi selesai. Maka Internet Explorer sudah terinstal.  Sejauh ini, IE 10 berjalan dengan lancar. Namun jika ada masalah atau kurang nyaman dengan versi terbaru ini, IE 10 bisa di-uninstall melalui menu [Programs and features][Installed Updates]”.

Untuk masalah performa, Teknimo belum mengujinya diatas kertas. Namun dirasa IE 10 cukup responsif dan scrolling-nya cukup halus. Bahkan lebih halus dibandingkan saat menggunakan Google Chrome.

Teknimos sudah menggunakan IE 10? Silahkan share di sini :)