New-Android-4_1-Jelly-Bean-Review-designAkhirnya versi  Android 4.1, atau yang biasa disebut sebagai Jelly Bean di gunakan di seperempat dari keseluruhan perangkat android.   Informasi ini didapat dari data yang dirilis Google rabu kemarin. Walau begitu versi 2.3 atau Gingerbread masih berada di posisi atas dengan angka 39,7 %.  Disusul oleh Ice Cream Sandwich dengan angka 29,5 %.

Data ini merupakan hasil pengamatan Google terhadap pengguna android yang mengakses Google Play. Google mempublikasikan data ini untuk developer aplikasi android. Membuat developer mudah memutuskan untuk mengoptimasi aplikasinya pada versi yang mana saja. Misalnya dengan melihat mayoritas pengguna menggunakan Gingerbread, maka agar bisa menjangkau sebanyak mungkin pengguna, aplikasinya harus mendukung Gingerbread.  Atau bisa juga untuk memutuskan akan menghentikan dukungan untuk versi yang mana saja.

android-version-chart

Distribusi Versi Android

Sebagai perbandingan, pada januari kemarin, pada artikel teknimo yang berjudul Statistik Distribusi Platform Android 2013, pengguna Jelly Bean hanya berkisar pada angka 9%, dan gingerbread memimpin dengan angka 47 %.  Sekarang, Android versi 4.0 keatas sudah mencapai angka 54,2 %. Sementara versi 1.x dan 2.x penggunanya makin menurun, dari lebih dari setengah pengguna android pada bulan Januari, sekarang menjadi hanya 45,8%.

Jumlah pengguna android dibawah versi 4.0 diperkirakan akan terus menurun. Sekarang perangkat 2.3 yang tersisa hanya perangkat kelas menengah hingga bawah, serta perangkat lama yang sudah tidak bisa di upgrade lagi. Sementara, versi android paling baru, 4.2 angkanya belum terlalu menyenangkan, hanya 2.0%.

Namun data ini mungkin tidak mencerminkan pengguna yang sebenarnya. Karena  data setiap perangkat hanya diambil saat pengguna mengakses Play Store. Sebelumnya, sumber data berasal dari pengguna yang login ke server google. Namun untuk developer, data ini lebih akurat. Karena mencerminkan pengguna yang benar-benar mendownload aplikasi di Play Store.

Teknimos pengguna android? Versi yang mana yang teknimos pakai?