cloud computingIstilah cloud computing tentu tidak asing lagi bagi teknimos. Bahkan mungkin sudah mainstream saat ini. Teknologi yang mulai booming pada tahun 2008 di kalangan programmer dan pakar komputer ini mulai terasa pengaruhnya pada masyarakat luas di tahun 2012. Banyak penyedia layanan cloud computing yang menawarkan service yang bervariasi.

Teknimo tidak akan membahas sejarah, arsitektur, perancangan, cara kerja, scalability, atau istilah IaaS, PaaS, serta SaaS cloud computing. Lebih menarik dari itu, Teknimo akan membahas layanan cloud computing paling mudah digunakan dan berguna yaitu penyimpanan file gratis. Mendengar kata gratis, teknimos tergiur bukan ? :D

Coba bayangkan, misalnya teknimos yang masih pelajar punya file tugas yang disimpan di laptop atau komputer di rumah. Sewaktu tugas akan dikumpulkan di kampus atau di sekolah namun ternyata tertinggal di rumah, teknimos pasti panik sekali, kan? Dan sangat merepotkan bila harus kembali ke rumah. Hal tadi tidak akan terjadi dengan layanan penyimpanan file gratis. Aplikasi layanan cloud yang kita instal di komputer akan langsung meng-upload file-file penting kita di layanan cloud secara otomatis. Nantinya file tadi bisa kita ambil dari mana saja dan kapan saja melalui situs layanan cloud maupun PC atau smartphone yang terinstal aplikasi layanan cloud yang kita gunakan. Mirip flashdisk bukan ?

Lalu apa bedanya jika kita meng-upload file di file hosting seperti mediafire atau 4shared? Bukankah sama-sama bisa diakses dari mana saja? Nah inilah keunggulan dari layanan cloud. Setelah menginstal aplikasi layanan cloud, akan dibuat sebuah folder di PC atau laptop sesuai dengan nama aplikasi layanan cloud. Untuk meng-upload file-file penting, cukup pindahkan file ke folder tersebut. Aplikasi akan meng-upload file ke layanan cloud saat terkoneksi dengan internet. Mudah bukan ?

Ada banyak layanan cloud computingseperti ini. Berapa yang populer yaitu :

DROPBOX

dropbox logoLayanan cloud computing berbasis penyimpanan data yang resmi release pada tahun 2008 ini salah satu yang paling banyak digunakan. Sinkronisasi data cepat dan kapasitas gratis tersedia hingga 2 GB. Kapasitas ini bisa ditambah dengan upgrade ke premium account, mengundang teman untuk menggunakan dropbox maupun cara lain. Kelebihan dropbox yaitu bisa membuat link download seperti mediafire atau 4shared sehingga bisa diakses oleh publik.

situs resmi : https://www.dropbox.com/
dukungan sistem operasi : Linux, Windows, Mac OSX, android, iOS, windows phone, Blackberry, webOS
 

GOOGLE DRIVE

google drive logoSiapa yang tidak mengenal si ‘mbah’ internet? Yup, Google juga punya layanan penyimpanan file gratis bernama Google Drive. Diresmikan pada 24 April 2012, Google Drive memiliki kapasitas penyimpanan gratis sebesar 5 GB dan dapat di-upgrade ke premium account. Kelebihan Google Drive yaitu bisa terkoneksi dengan Google Docs. Sehingga teknimos bisa mengedit langsung file yang ada di cloud sekaligus mengundang teman untuk berkolaborasi menulis tugas secara bersamaan.

situs resmi : http://drive.google.com/
dukungan sistem operasi : windows, Mac OSX, android

UBUNTU ONE

ubuntu logoBagi para pecinta Linux tentu tidak asing lagi dengan Ubuntu. Canonical, perusahaan pembuat distro Ubuntu juga menailis aplikasi cloud penyimpanan file gratis bernama ubuntu one. Layanan ini memiliki kapasitas standar sebesar 5 GB yang juga dapat di-upgrade kapasitasnya dengan premium account. Salah satu kelebihan dari ubuntu one adalah fitur streaming lagu, namun sayangnya hanya bisa dinikmati oleh pemilik premium account.

situs resmi : https://one.ubuntu.com
dukungan sistem operasi : windows, Linux, Mac OSX, android

iCloud

icloud logoPembuat iPad dan iPhone, Apple Inc juga membuat layanan cloud penyimpan file gratis yang disebut iCloud. iCloud sangat powerful untuk manajemen file, e-mail, contact folder,  penggunaan calendar, dan beberapa fitur lain. Kapasitas standarnya sebesar 5GB dan dapat di-upgrade. Hanya saja layanan ini bisa diakses dengan perangkat produk Apple saja, seperti iPhone, iPad, dan MacBook. Layanan ini juga memerlukan Apple ID agar bisa digunakan.

situs resmi : https://www.icloud.com/
dukungan sistem operasi : mac OSX, iOS

Menarik kan teknimos? Silakan pilih dan gunakan layanan gratis untuk menyimpan file penting. Semoga bermanfaat :)