Merek smartphone apa yang memiliki daya tahan paling bagus? Ini adalah salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan ketika ingin membeli smartphone. Pastinya kita semua tidak ingin membeli produk yang mudah rusak, apalagi jika produk tersebut adalah produk mahal. Memang benar,  smartphone yang lebih mahal cenderung memiliki daya tahan yang lebih baik. Tapi tentunya tergantung juga pada pola penggunaan dan faktor keberuntungan, tetap ada kemungkinan kita bisa mendapatkan produk yang cacat.

Reliable atau tidak sebuah merek bisa ditentukan oleh banyaknya komplain pengguna. Semakin sedikit pengguna yang komplain, merek tersebut bisa dianggap  reliable. Karena tidak terlalu banyak produk yang cacat atau mudah rusak oleh penggunaan normal.  Tapi merek smartphone apa saja yang lebih sedikit komplainnya?

FixYa, sebuah situs yang menyediakan tips-tips perbaikan hampir semua jenis barang meluncurkan sebuah laporan mengenai daya tahan smartphone. FixYa membandingkan reliabilitas smartphone dari Apple(iPhone), Samsung(seri Galaxy), Nokia (Lumia) dan Motorola(Droid) dengan cara mengamati jumlah komplain masing-masing produk.

iPhone Paling Reliable

Di antara 4 merek smartphone itu, Apple mendapatkan skor paling tinggi, yakni  3,47. Di susul oleh Samsung dengan selisih yang cukup besar, yaitu 1,21, Nokia (0,68) dan Motorola (0,13). Untuk mendapatkan skor itu, FixYa  mengolah 722.558 komplain yang ditujukan untuk 4 merek tersebut, menormalkan data secara relatif terhadap marketshare dan dianalisa untuk menentukan reliabilitas.

Masing-masing 4 merek tersebut memiliki area komplain yang berbeda-beda. Diantara 74.163 komplain yang ditujukan ke iPhone, 35% adalah mengenai daya tahan baterai. Memang beberapa waktu lalu, iOS sempat memiliki bugs yang berakibat pada daya tahan baterai, namun sekarang sudah diselesaikan. Area komplain lainnya, dapat dilihat pada gambar berikut :

Area Komplain Apple

Sedangkan untuk merek lain, seperti samsung, mendapatkan sebanyak  187,520 komplain, jauh lebih banyak daripada iPhone. Masalah yang sering dikomplain adalah mengenai isu mikrofon dan speaker. Sedangkan Nokia, ada sebanyak 324.439 komplain. Komplain di dominasi oleh respon UI yang patah-patah dan ekosistem aplikasi yang buruk. Motorola, dengan marketshare yang hanya 1,81% mendapatkan 136.436 komplain, menjadikannya smartphone yang paling banyak dikomplain dibanding 3 merek lainnya. Komplain didominasi oleh keluhan mengenai aplikasi bawaan dan isu touchscreen.

Area Komplain Nokia

 

Area Komplain Samsung

 

Area Komplain Motorola

Analisa dari FixYa memang tidak secara pasti menentukan reliabilitas 4 merek smartphone tersebut. Namun, komplain ini bisa menjadi gambaran berapa banyak masalah yang muncul pada merek smartphone tertentu. Dari analisa ini, iPhone bisa dikatakan sebagai smartphone yang jumlah masalah yang timbul paling sedikit, diantara 3 merek lainnya.

Memang tidak semua merek smartphone diuji disini, merek terkenal seperti HTC, LG, Sony dan sebagainya tidak masuk hitungan oleh FixYa. Tapi setidaknya bisa menjadi pertimbangan ketika akan memilih membeli smartphone yang mana. Teknimos punya pengalaman tentang 4 merek smartphone ini? Silahkan share pengalamannya disini……

Jika teknimos ingin membaca informasi ini lebih jauh, bisa langsung  mengunjungi blog FixYa.