Seperti yang dilansir the Loop, Apple Media Event akan dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober 2012.  Pihak Apple sudah merilis pengumuman resmi event ini dengan taglineWe’ve got a little more to show you“.  Direncanakan event ini akan diadakan di California Theatre, kota San Jose, California pukul 10 pagi waktu setempat. 

Rumornya, Apple akan mengenalkan iPad mini yang difokuskan pada ekosistem dan aplikasi iBook; MacBook 13″ dengan layar retina,  dan pembaharuan untuk iMac dan Mac Mini.  Berdasarkan berita terbaru dari 9to5Mac, event ini juga akan mengeluarkan update minor pada New iPad. Konektor 30 pin diganti menjadi lightning connector, seperti pada iPhone 5 dan seri iPod terbaru.

Seperti apa produk-produk yang akan diperkenalkan oleh Apple pada event ini?

iPad Mini

Sebelumnya, Teknimo pernah membahas mengenai iPad Mini beberapa minggu yang lalu. Yakni mengenai rumor-rumor seperti apa bentuk iPad mini nanti.  Sebenarnya belum ada kepastian nama produk versi mini iPad adalah iPad Mini karena Apple bisa memberi nama apapun yang mereka suka. Namun agar mudah menyebutnya, kita sebut saja sebagai iPad Mini.  Menurut rumor, iPad mini akan memiliki layar berukuran 7,85″. Lebih kecil dari iPad yang berukuran 9,7″. Masuk akal, karena dengan dimensi itu aplikasi iPad masih bisa berjalan secara sempurna di iPad mini. Tanpa menimbulkan fragmentasi.  Ukuran ini membuat ukurannya 40% lebih besar dari tablet 7″ lainnya.

Perbandingan iPad Mini dengan tablet lain

iPad mini akan menggunakan komponen yang sama seperti iPad 2. Artinya, iPad akan menggunakan CPU A5 dengan RAM 512 MB. Untuk harga masih menjadi misteri,  mungkin $399, namun rumor terbaru menyebutkan $249.  Produksi massal untuk iPad mini sudah dimulai dan akan mulai dijual pada 2 November.

 Macbook Pro 13″  dengan Layar Retina

Macbook Pro Retina 15″

Setelah sebelumnya meluncurkan MacBook Pro 15″ dengan layar retina dan lebih tipis, pada event ini Apple juga dikabarkan akan membuat layar MacBook Pro 13″ lebih tipis dengan retina. Layar retina menjadikan MacBook Pro versi baru berbeda dengan versi sebelumnya. Dengan resolusi 2560×1600, jumlah pixel di layarnya berlipat ganda. Jumlah pixel ini membuat layarnya lebih nyaman dilihat mata, apalagi untuk waktu penggunaan yang lama.

Selain retina, komponen internal dan eksternal juga didesain ulang seperti pada versi 15″. Menjadi lebih tipis dan lebih ringan. Seperti pada MacBook Pro 15″, kemungkinan harga MacBook Pro 13″ juga akan lebih tinggi dari versi non-retinanya. Kemungkinan harga berkisar antara $1699  hingga $1999, atau 16 juta hingga 20 juta rupiah. Harga premium ini wajar, berfungsi sebagai diferensiator dengan seri non-retinanya, yang selisihnya bisa mencapai $400. Bagaimanapun, harga produksi seri retina   lebih tinggi.  Terutama untuk layar retina, SSD, dan kapasitas RAM yang lebih banyak.

Untuk saat ini, MacBook Pro retina tidak menggantikan Macbook non-retina. Keduanya dijual, hanya saja dengan harga yang berbeda. MacBook Retina ditargetkan untuk mereka yang membutuhkan performa kinerja tinggi dengan desain  ramping dan ringan.

Perbandingan ketebalan Macbook Pro retina dengan non retina

Salah satu thread forum di Website asal China mempublikasikan rangkaian foto yang diperkirakan sebagai tampilan MacBook Pro 13″. Terdapat foto-foto layout baterai, port kiri dan kanan MacBook, dan beberapa komponen internal lain. Kualitas gambar di thread tadi memang tidak begitu bagus dan ukurannya kurang memadai. Tetapi untuk mengambil gambar-gambar tersebut, dibutuhkan akses di pabrik MacBook Pro.

Port kanan, HDMI, USB dan SD Card Reader

 Selain MacBook dan iPad mini, seri baru  dari  iMac dan Mac Mini juga dikabarkan akan diluncurkan di event ini.  Walau masih belum clear, desain iMac diubah setelah menggunakan desain yang sama sejak tahun 2007. iMac akan lebih tipis dengan casing belakang yang lebih ‘melengkung’ seperti tetesan air.  iMac baru menggunakan prosesor Intel Ivy Bridge dan dukungan USB 3.0. Tetapi layar retina mungkin tidak didukung. Harga produk dikabarkan akan sama seperti versi iMac saat ini.

Untuk Mac Mini, kemungkinan ukurannya akan lebih tipis, menggunakan prosesor Ivy Bridge juga USB 3.0. Harga kemungkinan tidak berubah, dan maksimal RAM ditambah menjadi 16 GB.

Kita tunggu saja,  kebenaran kabar ini. Masih ada tiga hari sebelum event ini diselenggarakan, bagaimana menurut teknimos?