and_feat1Hanya seminggu setelah Google meluncurkan layanan Google Keep, Evernote meluncurkan pembaharuan untuk aplikasi Androidnya.  Ada beberapa fitur baru dan banyak perbaikan yang ada di Evernote Mobile versi 5 ini.

Evernote merupakan layanan untuk membuat, menyimpan dan mengorganisir catatan yang multiplatform. Catatan ini tidak hanya berbentuk teks, tapi bisa juga suara, gambar, checklist, atau sketsa. Evernote tersedia untuk platform Web, desktop, dan berbagai sistem operasi mobile. Dan yang paling menarik di Evernote, catatan di Evernote akan disinkronisasi untuk setiap platform.

Ketika Teknimos menginstal Evernote di desktop dan smartphone, perubahan atau catatan baru bisa dilihat di desktop maupun smartphone. Sinkronisasi juga berguna sebagai backup. Jika laptop hilang atau rusak, catatan kita tidak akan hilang.

Mungkin cukup introduksi tentang Evernote, sebagian pembaca Teknimo mungkin sudah sangat familiar dengan layanan ini. Kembali ke bahasan apa yang baru di Evernote 5.

Baca Juga : Versi Baru Evernote Web : Tampil Lebih Bersih dan Optimasi Fitur Sharing

Tidak Ada yang Berubah?

Jika tidak melihat dengan saksama (atau tidak membaca Teknimo), mungkin akan sulit menemukan apa yang diperbarui. Fitur evernote cukup banyak, dan tidak semuanya dipakai, penambahan fitur baru mungkin tidak terlalu terasa. Itu yang pertama dirasakan penulis saat mencoba Evernote versi baru. Namun setelah diteliti lebih lanjut, sebenarnya versi ini adalah versi mayor. Artinya ada banyak perubahan kecil dan besar, serta beberapa penambahan fitur-fitur baru.

Di versi ini, stabilitas dan kecepatan ditingkatkan. Tampilan daftar catatan juga didesain ulang, membuatnya lebih mudah untuk dilihat dan disentuh. Icon dalam aplikasi juga didesain ulang dengan lebih cantik. Selain itu, ada banyak perbaikan dan peningkatan kecil lainnya.

Ini adalah beberapa fitur baru yang ada di Evernote versi 5 :

Page Camera

Ketika menggunakan kamera untuk membuat catatan, akan ada pilihan baru dengan icon berbentuk kertas. Option ini bernama page camera. Fitur ini sebenarnya adalah tambahan fungsi scanner untuk Evernote. Mirip seperti mengambil foto biasa, hanya saja dengan menggunakan page camera, hasil foto akan dioptimalkan untuk dokumen teks. Optimalisasi ini berupa  pengurangan bayangan dan menaikan kontras, membuat hasil catatan lebih jernih dan jelas untuk dibaca.

Screenshot_2013-04-01-21-41-18

Page Camera In Action

Selain page camera, kita juga bisa mengambil gambar untuk catatan lebih dari sekali dalam satu waktu. Bisa berguna ketika akan mengambil gambar teks yang lebih dari satu halaman. Jadi bisa diambil gambar terus menerus tanpa harus kembali dari kamera ke editor Evernote. Jika ada yang kurang cocok atau gagal, gambar bisa dihapus sebelum disimpan di catatan.

Shortcut

Fitur shortcut sebelumnya sudah ada di Evernote versi Mac. Pada rilis versi ini tim Evernote membawa fitur ini ke Android. Shortcut berfungsi sebagai jalan pintas untuk mengakses catatan, notebook ataupun tag yang sering diakses.  Untuk membuat shortcut, buka panel shortcut dengan cara menggeser layar dari kanan ke kiri, maka daftar pintasan akan muncul.

Daftar Pintasan

Daftar Pintasan

Untuk menambahkan isi shortcut, tinggal sentuh lama pada tag, catatan atau notebook, lalu pilih “add to shortcut” atau “tambahkan ke pintasan”, tergantung dari bahasa yang Teknimos pakai.

Integrasi dengan Evernote Smart Notebook

Ada kalanya kita lebih suka menulis di kertas daripada menggambar atau mengetik di smartphone. Karena masalah ini, tidak hanya berbentuk digital, Evernote juga membuat versi kertasnya. Berupa buku catatan berlogo Evernote, hasil kerjasamanya dengan Moleskine, sebuah brand yang memproduksi barang-barang seperti buku catatan, diary, buku jurnal, dan sebagainya.

moleskine_full

Evernote Smart Notebook

Evernote versi Android bisa digunakan untuk men-digital-kan catatan di Smart Notebook. Tag dapat ditambahkan secara otomatis dengan menggunakan Smart Sticker yang ditempel di Smart Notebook. Evernote akan otomatis mendeteksi stiker mengisi tag sesuai dengan stiker yang ditempel. Konten teks yang sudah didigitalkan juga bisa di cari, berkat teknologi OCR yang ada di Evernote.

Ini adalah video yang membahas tentang Evernote Smart Notebook :

Selain fitur-fitur di atas, juga ditambahkan document search untuk pengguna premium, memungkinkan pengguna premium untuk melakukan pencarian kata pada dokumen pdf.

Ada Teknimos pengguna Android yang sudah memperbaharui Evernote-nya? Atau mungkin tidak menggunakan Evernote? Jika berminat, baik untuk memperbaharui atau instal baru, bisa mengunjungi halaman Google Play Store untuk Evernote.