arenaxlsm-logo-newTeknimos suka bermain game? Pastinya banyak orang yang suka bermain game. Permainan bisa memberikan hiburan, bahkan bisa juga pengalaman dan pengetahuan baru. Saat suntuk oleh tugas-tugas, pekerjaan dan sebagainya, mungkin bermain game sejenak bisa membuat kondisi lebih baik, asal tidak berlebihan tentunya.

Dan godaan bermain game bisa terjadi kapanpun, dimanapun. Bisa saja terjadi pada saat bekerja di kantor, entah karena suntuk, atau tidak ada yang sedang dikerjakan. Tapi, tentu efeknya tidak baik kalau ketahuan atasan sedang bermain game di kantor. Jika itu terjadi, mungkin game ini bisa teknimos pertimbangkan.

Namanya Arena.XLsm, merupakan game bergenre RPG yang berjalan di lingkungan microsoft excel. Game ini mungkin bisa teknimos pertimbangkan untuk memenuhi kebutuhan bermain game, namun tetap terlihat seperti sedang bekerja. Tentu saja, orang yang melihatnya pasti mengira sedang bekerja dengan microsoft excel.

Arena.XLsm ini dibuat oleh seorang akuntan bernama Cary Walkin. Game ini dibuat dalam bentuk spreadsheet dan menggunakan fasilitas microsoft office yang disebut macro. Sebagai informasi, macro merupakan fasilitas yang disediakan oleh microsoft agar pengguna bisa menambah fungsionalitas office atau mungkin membuat aplikasi sendiri.

Untuk ukuran macro, fungsionalitas yang ada di game ini cukup rumit dan banyak.  Seperti game bergenre RPG yang lain, di game ini kita memiliki hero yang bisa dimainkan dalam berbagai level, dilengkapi dengan fasilitas upgrade kemampuan, koleksi item,  dan senjata dan mantra untuk menyerang musuh.

Selain itu, ada sekitar 2000 musuh dengan karakter AI yang berbeda, ada 4 akhir cerita yang berbeda, lebih dari 1000 kombinasi item, 8 boss dengan taktik berbeda, 31 mantra dan 4 buah arena. Ya, memang bukan sekedar macro sederhana.

Tampilan Arena permainan

Tampilan Arena permainan

Tampilannya memang tidak terlalu bagus, namun cukup asik untuk dimainkan. Hero digambarkan dalam bentuk emoticon smile, dan musuh digambarkan dalam pasangan tanda kurung dan kurung kurawa.  Dengan tombol panah di samping arena, hero bisa digerakan ke 4 arah. Arena permainannya digambarkan di spreadsheet, dengan tanda “X” yang menggambarkan tembok.

Alur cerita di jelaskan lewat dialog ini

Alur cerita di jelaskan lewat dialog ini

Mengapa Excel?

Diantara banyak sekali fasilitas untuk membuat game diplatform lain, kenapa harus menggunakan excel? Alasannya ternyata sederhana, dalam tanya jawabnya di reddit,  Cary Walkin memilih menggunakan excel karena memiliki pengetahuan mendalam pada aplikasi tersebut. Wajar saja, karena dia adalah seorang akuntan, yang pekerjaannya banyak berurusan dengan excel.

Jika teknimos tertarik untuk mencoba, bisa mengunjungi blog pribadinya. Download file xlsm(file excel + macro) yang dipublikasikan disana, buka dengan micrsoft excel, dan selamat bermain. Game ini telah ditest dan bisa berjalan lancar di excel versi 2007, 2010 dan 2013. Jika ingin informasi lebih jauh, bisa mengunjungi halaman wiki Arena.XLsm.

Selamat bermain, dan jangan sampai mengganggu produktifitas ya teknimos….. :D.