Windows Phone 8Dua tahun yang lalu, Windows merilis Windows Phone 7 yang merupakan suksesor dari Windows Mobile. Di tengah persaingan panas yang terjadi antara Android dan iOS, Microsoft hadir membawa angin segar. Dengan tampilan Metro UI-nya, Windows Phone 7 mencoba tampil beda dalam tampilannya. Tampilan khas kotak-kotak ini memang terlihat berbeda dan orisinil jika dibandingkan dengan para pesaingnya.

HTC Trophy

HTC Trophy, salah satu smartphone WP7 dari HTC

Pada 30 Oktober lalu, Microsoft mengadakan sebuah event peluncuran Windows Phone 8. Bagi yang tidak sempat melihat, silakan tonton siaran ulangnya di Webcast: Windows Phone 8 Launch. Windows Phone 8 hadir dengan beberapa perubahan besar. Desain smartphone-nya pun berubah menjadi lebih berwarna-warni. Semakin menarik untuk dilihat.

windows phone 8 interface

Interface Windows Phone 8

Perubahan yang dialami oleh Windows Phone 8, yaitu:

Support lebih dari 1 core processor

Kelemahan dari seri sebelumnya, WP7, hanya mendukung satu inti prosesor. Kini, Windows Phone 8 mampu mendukung inti prosesor 2 bahkan sampai 64 inti prosesor. Hanya saja prosesor yang mampu mendukung hanyalah Qualcomm Snapdragon S4. Tetapi jangan khawatir karena prosesor tersebut merupakan yang terbaik untuk saat ini.

Support lebih dari 1 resolusi layar

Dahulu WP7, hanya sanggup mendukung resolusi WVGA (800×480), namun kini Windows Phone 8 mampu mendukung 3 resolusi layar, yaitu WXGA (1280×768), 720p (1280×720), dan WVGA (800×480). Resolusi WVGA masih akan dipakai untuk smartphone Windows Phone low-end.

Support expandable memory

Masalah yang kerapkali menghadang pada seri sebelumnya adalah keterbatasan memory penyimpanan yang ada. Namun, tidak perlu khawatir lagi sebab Windows Phone 8 kini mendukung hingga 64GB memory penyimpanan.

user interface

Jika dahulu WP7 memiliki tampilan bernama Metro UI, kini tampilan Windows Phone 8 diberi nama Modern UI. Modern UI mendukung Live Tiles yang dapat diatur ukurannya sebesar 1×1, 2×2, atau 3×2. Lebih hemat tempat jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Phone Sync

Dengan menggunakan aplikasi Zune, smartphone Windows Phone 8 dapat dikenali sebagai external hard drive, jadi bisa drag-and-drop data seperti flashdisk. Bagi pengguna Mac, tidak perlu khawatir sebab dengan sebuah aplikasi, Windows Phone 8 dapat sync dengan OSX.

Kid’s Corner

Inilah salah satu kelebihan yang ditawarkan Windows Phone 8. Fitur Kid’s Corner merupakan fitur yang dapat dipakai untuk para orang tua. Dengan fitur ini, orang tua tidak perlu khawatir jika anak-anaknya bermain game. Anda tidak perlu takut si anak mengacaukan perangkat Windows Phone 8 Anda.

NFC

NFC atau Near field communication merupakan teknologi yang sedang berkembang saat ini. Hampir semua perangkat Android high-end memiliki fungsi ini. Windows Phone 8 menggunakan fungsi ini untuk mendukung fitur Wallet. Fitur Wallet dapat menyimpan informasi mengenai kartu debit, kredit, atau kartu member.


Sebagai platform yang belum lama dirilis, tentunya Windows Phone masih memiliki kekurangan jika dibandingkan para pesaing. Aplikasi yang tersedia di market pun jumlahnya masih sedikit. ‘Hanya’ sekitar 120.000 aplikasi, bandingkan dengan Android 690.000 aplikasi atau iOS 900.000 aplikasi. Saat ini pun baru beberapa vendor besar yang berencana merilis smartphone Windows Phone, yaitu Nokia dengan Nokia Lumia 920, 820, 822, dan 810; HTC dengan HTC 8X dan HTC 8S; dan Samsung dengan Samsung ATIV S dan Samsung ATIV Odyssey.

Bagaimanapun, Microsoft benar-benar melakukan perubahan besar pada Windows Phone 8 dibandingkan pendahulunya. Sebagai OS smartphone yang sedang berkembang, Windows Phone memberikan warna baru serta  mampu ‘mengacak-acak’ peta persaingan smartphone. Apalagi dukungan konektivitas terhadap perangkat Windows lainnya yaitu Windows 8, yang belum lama ini dirilis pula.

Masih penasaran dengan Windows Phone 8, masuk ke web official Windows Phone di http://www.windowsphone.com/en-us. Berikut ini adalah video mengenai Windows Phone 8 dari Microsoft.