Proses produksi smartphone memerlukan banyak tahapan. Mulai dari desain hardware, desain software, pembuatan prototype, pengujian hingga masuk ke fase produksi.Prototype yang dibuat selama fase produksi bisa sangat berbeda dengan bentuk smartphone yang dijual ditoko-toko. Seperti yang diperlihatkan oleh prototype iPhone pada saat fase produksi awal ini.

Website Arstechnica mempublikasikan foto-foto yang memperlihatkan prototype hardware cikal bakal iPhone.  Prototype ini dibuat pada tahun 2005, atau 2 tahun sebelum iPhone generasi pertama diluncurkan. Foto ini dikirimkan oleh  salah satu karyawan iPhone yang tidak mau disebut namanya. Dia bekerja pada berbagai proyek pembuatan hardware di Apple sejak awal 2000-an.

Bagaimana bentuk prototype ini? Teknimos bisa melihat gambarnya. Dengan layar berukuran 12 x 15 cm, dan tebal mendekati 5 cm. Bentuknya memang jauh dari bentuk iPhone yang sekarang kita kenal, lebih mirip komputer  lengkap dengan port serial, LAN, USB dan port Mini Display.

Lebih Mirip Meja

Digunakan Untuk Pembuatan Sistem Operasi

Prototype ini memang tidak dibuat untuk menggambarkan produk finalnya. Tapi lebih difungsikan untuk pengujian dan proses pembuatan sistem operasinya, yakni cikal bakal iOS. Banyaknya port yang biasa ditemukan di komputer desktop berfungsi untuk mempermudah proses pengujian dan debugging. Bentuknya memang terlihat besar, namun sebenarnya perangkat ini sanggup menjalankan versi dasar dari Mac OS. Pada masa itu, ukuran ini masih terlihat kecil dibandingkan komputer laptop dan desktop.

Prototype ini menggunakan prosesor ARM dengan kecepatan 200-233 Mhz. Sebagai perbandingan, iPhone pertama yang diluncurkan pada tahun 2007 menggunakan prosesor dengan kecepatan 600 Mhz yang diturunkan menjadi 412 MHz.

Pada waktu dibuatnya prototype ini, karyawan Apple yang terlibat tidak tahu bagaimana bentuk iPhone kelak dan bagaimana pengaruhnya pada smartphone saat ini. Bentuk iPhone yang diluncurkan tahun 2007  tentunya memiliki dimensi yang lebih kecil dan komponen yang lebih terintegrasi. Tapi dari gambar ini, kita bisa lihat sebagian proses dari produksi smartphone.

Foto-foto lainnya bisa teknimos lihat di bawah ini :

Ada enam port besar yang tidak ditemukan pada iPhone generasi 1

 

Tampilan papan PCB