sumber gambar : CNET

iMac Apple 21,5′  yang baru sudah mulai dijual di US  pada tanggal 30 November kemarin. Sebelumnya, ada beberapa isu yang mengatakan kalau iMac akan dijual pada tahun depan karena ada beberapa masalah produksi. Namun seperti biasa, banyak rumor seputar Apple sekadar isu belaka. iMac tetap dijual tepat waktu. 30 November untuk versi 21,5′ dan untuk versi 27′ akan dijual 2-3 minggu setelah itu.

Beberapa website teknologi langsung melakukan review terhadap iMac. Website yang Teknimo amati adalah CNET dan The Verge. Review mereka cukup positif tentang iMac, walau dengan beberapa catatan. Misalnya seperti tidak disertakannya drive optik dan tidak adanya peningkatan performa yang signifikan. Dari reviewnya CNET menyimpulkan  :

You might be alarmed by the fact that the design is the most interesting thing about the new iMac. A thin bezel is nice to look at, but it doesn’t improve processing speed, workflow, or overall utility. Fortunately for Apple, it evolved that design from a computer with a strong technical foundation. It is the updates to that foundation, and a few points of polish along the way, that keep this iMac on elite footing.

Intinya, desain baru adalah hal yang paling menarik dari iMac. Desain memang tidak meningkatkan kecepatan pemrosesan, alur kerja, atau utilitas keseluruhan. Namun dengan sentuhan dan desainnya, Apple mampu untuk membuat iMac tetap berada di kedudukan yang elit.

Ada kekecewaan pada Apple yang mengatakan kalau iMac benar-benar tipis, dengan ketebalan disisi-sisinya hanya 0.5 cm.   Namun kenyataanya bagian tengah iMac tetap tebal, mirip seperti monitor CRT,  dengan sisi tertebal sekitar 4 cm. Walau begitu menurut CNET, desainnya tetap fantastik dan tidak merubah fakta kalau iMac adalah komputer yang indah.

Selain pada desain,  satu hal yang menjadi kelebihan iMac adalah layarnya. Walau terbuat dari kaca yang mengkilat, namun Apple  mampu meminimalkan refleksi pada layar hingga 70%. Membuat layar tajam,walau pada saat cahaya terang dan masih terlihat jelas saat dilihat dari sudut 180 derajat.

CNET mereview iMac versi 27′, yang bahkan pada saat ini belum dijual. Harganya $2599, dengan spesifikasi prosesor 3,4 GHz Core i7, 1 TB Fusion Drive dan NVIDIA GeForce GTX 680MX. CNET juga melakukan benchmark terhadap iMac baru ini. Dibandingkan dengan kompetitornya, performa iMac masih lebih baik. Kompetitor dengan performa yang paling mendekati iMac adalah  Dell XPS One 27 ‘. Berbasis windows 8, dengan layar touchscreen.

The Verge juga mengatakan hal positif tentang iMac. Tentang teknologi layarnya, kualitas speaker-nya, dan tentang desain. Walaupun mereka sedikit khawatir tentang suhu. Namun pada saat penggunaan normal sehari-hari hingga editing video dan gaming, suhu yang naik tidak terlalu jadi masalah.   The Verge memberi skor 9 dari 10 untuk iMac baru.

Bagaimana dengan  perbandingan performa dengan model iMac sebelumnya? Terdapat peningkatan yang cukup signifikan. Peningkatan ini datang dari  prosessor Intel Ivy Bridge dan fusion drive yang disematkan di dalamnya.

Primate Lab mempublikasikan rangkuman pengujian iMac baru, membandingkan performanya dengan model sebelumnya. Pengujian dilakukan dengan GeekBench Browser, dimana pada prosesor dan kemampuan ram bisa diuji disini melalui browser.  Rata-rata, model iMac baru mengalami peningkatan performa antara 10-25%. Bahkan versi iMac baru versi 21,5′ dengan spesifikasi tertinggi, mampu mengalahkan iMac  27′ keluaran tahun 2011 lalu.

Saat artikel ini ditulis, iMac baru belum masuk ke Indonesia. Mungkin butuh beberapa minggu atau beberapa bulan lagi  hingga dijual di reseller Indonesia secara resmi.

Jika ingin melihat video unboxing dari imac ini, ada salah satu pengguna Youtube  :

Jika Teknimos ingin tahu spesifikasi dan harga lengkap iMac terbaru, bisa mengunjungi Website resmi Apple tentang iMac.   Teknimos berminat membeli?