Pada berita sebelumnya, Teknimo telah mengabarkan bahwa IPad mini telah mulai di produksi di Asia.  Walau Steve Jobs sendiri mengecam ide ‘tablet 7-inchi’ dan mengklaim tablet kecil akan gagal di pasaran. Namun rumor tentang Apple akan mengeluarkan tablet yang lebih kecil tidak berhenti beredar. Rumor sempat muncul dan tenggelam, hingga sekarang makin kuat beredar. Nampaknya  niat Apple untuk meluncurkan IPad mini semakin jelas.  Sebenarnya, seperti apa bentuk IPad Mini yang sedang di produksi ini?

Bentuk IPad Mini

Seperti yang dilansir 9to5Mac, IPad mini terlihat seperti IPod Touch yang lebih besar, namun beberapa rumor mengatakan IPad Mini lebih terlihat seperti IPad (9.7 inchi) yang lebih kecil (Ya, tentu saja). Ukuran layarnya 7.85 inch, lebih besar dari Nexus 7 dan Kindle Fire. Dengan ukuran itu, IOS di IPad Mini masih nyaman di gunakan. Tidak membutuhkan perlakuan khusus untuk menjalankan aplikasi  IPad  9.7 inchi di IPad Mini. Jadi IPad mini kemungkinan tidak menimbulkan fragmentasi di IOS.

Ukuran bingkai layar lebih kecil daripada IPad sekarang dengan tombol volume terpisah. Ukuran bingkai yang kecil membuat IPad mini tidak bisa di pegang seperti saat memegang IPad 9,7 inchi,  karena akan menyentuh touchscreennya.  Namun, IPad Mini bisa di pegang dari belakang, seperti saat memegang tablet 7 inchi. Ukuran bingkai merupakan perbedaan utama antara IPad Mini dengan IPad.

Foto IPad mini pertama yang sudah berfungsi

Komponen 

Menurut Gizmodo, komponen IPad mini akan mirip dengan komponen IPad 2. Artinya, prosesor yang di gunakan adalah A5 dengan ukuran transistor 32mm, dan mungkin dengan RAM 512MB. IPad mini tidak akan menggunakan konektor 30 mm, melainkan menggunakan Lightning Port  yang hanya 8 pin.

Untuk resolusi layar, kemungkinan IPad mini tidak menggunakan retina display yang akan menambah biaya dan konsumsi baterai. Selain itu, jika IPad Mini menggunakan A5 milik IPad 2, IPad Mini  tidak akan cukup kuat untuk menjalankan layar retina. Ukuran layar ini telah dikonfirmasi oleh Wall Street Journal.

Harga

Rumor tentang harga belum dapat dipercaya, namun melihat harga IPod Touch yang $300,  kecil kemungkinan Apple menjual kurang dari itu. Dan Harga  IPad terbaru adalah $500, dan IPad 2 $400. Jadi kemungkinan harganya akan berkisar diantara keduanya. Namun  yang jelas, IPad mini akan lebih mahal dari kompetitornya yang seharga $200.

Nama

Teknimo menggunakan nama IPad mini, namun ini tidak menjamin nama resmi yang dikeluaran Apple akan sama. IPad Mini bisa dijual dengan nama lain, tergantung keputusan Apple.

Kapan Diluncurkan?

Rumor tentang tanggal peluncuran terbaik yang beredar saat ini, adalah tanggal 17 Oktober. Walaupun begitu belum ada undangan resmi dari Apple untuk event rilis, kemungkinan akan ada di tanggal 10 Oktober.  Mari kita tunggu saja.

Semua informasi diatas masih rumor,  belum ada yang benar-benar pasti.  Beberapa minggu lagi Anda sendiri yang akan memastikannya.

Sebagai selingan, berikut ini adalah model 3D ipad mini yang dibuat berdasarkan rumor yang beredar. Di rancang oleh Martin Hajek, seorang pembaca Gizmodo.  Sebagai informasi, Martin Hajek sempat membuat model 3D dari IPhone 5 dan relatif akurat.

Versi biru, mirip IPod Touch generasi terbaru

Versi Hitam

Versi putih

Perbandingan ukuran antara IPad, IPad Mini dan IPhone

Model warna terlihat sexy, bagaimana menurut sobat Teknimos?