Teknimos tahu kasus Apple yang menuntut Samsung dengan tuduhan melakukan penjiplakan produk serta teknologi buatan Apple ? Panas? Ya. Sampai-sampai Apple menuntut Samsung membayar ganti rugi sebesar 2,5 milyar USD. Dan sidang ini dimenangkan oleh pihak Apple.

Nah, ada rumor terbaru lagi Teknimos. Kabarnya Samsung akan menaikan ongkos produksi komponen untuk membuat perangkat Apple, contohnya ongkos produksi prosesor yang naik sebesar 20%. Sebagai informasi, walaupun Apple yang mendesain prosesornya sendiri, Apple menggunakan jasa Samsung untuk membuatnya secara massal. Sebuah firma analis ekonomi, Piper Jaffray menyimpulkan bahwa hal ini bisa mengurangi margin keuntungan Apple sebesar 2%. Sebab sebesar 6-9% ongkos pembuatan perangkat seperti iPhone dan iPad berasal dari prosesor.

Namun rumor ini dibantah oleh dari pihak Samsung. Melalui surat kabar Korea, The Hankyure, Samsung mengatakan bahwa hal ini tidak benar dan akan sangat sulit menaikkan harga yang telah ditetapkan pada awal tahun.

Dalam beberapa tahun belakangan Apple mulai berusaha mengurangi ketergantungan mereka terhadap suplai dari perusahaan lain (seperti saat mereka menolak menggunakan Google Maps dan teknologi Flash). Apple saat ini mulai menanam investasi di perusahaan kecil pembuat chip. Apple juga membentuk divisi teknologi baru di perusahaannya bulan lalu, yang menggabungkan tim wireless dan semikonduktor. Mereka tidak hanya membuat chip untuk perangkat portabel, melainkan juga membuat chip untuk perangkat komputer.

Bagaimana, Teknimos? Menurut kalian kapan Apple akan ‘berdiri sendiri’ tanpa sokongan suplai perusahaan lain? Kita tunggu bersama :)

sumber : mac rumor dan chip online