Baru-baru ini pada tanggal 24 maret 2013, perusahaan raksasa apple mengakusisi sebuah startup bernama WifiSlam. Berita yang cukup menghebohkan karena WifiSlam yang bergerak di indoor mapping ini diakusisi dengan membayar sebesar $20 juta dolar (the wall street journal),  angka ini cukup fantastis.  Pihak Google sendiri sudah mengklarifikasi akuisisi ini.

The two-year-old startup has developed ways for mobile apps to detect a phone user’s location in a building using Wi-Fi signals. It has been offering the technology to application developers for indoor mapping and new types of retail and social networking apps. The company has a handful of employees, and its co-founders include former Google software engineering intern Joseph Huang.

Indoor mapping adalah suatu sistem yang memungkinkan kita bisa mengetahui lokasi kita walaupun berada di dalam sebuah ruangan. Teknologi ini hadir karena keterbatasan GPS (Global Positioning System) yang tidak mendeteksi lokasi sesorang jika berada di dalam ruangan. Hal ini dikarenakan satelit kesulitan untuk melihat lokasi kita jika tertutup oleh gedung atau ruangan.

WifiSlam didirikan oleh mantan karyawan google, Joseph Huang dan Jessica Tsoong. Teknologi ini menggabungkan Wifi, compas dan accelerometer. Mungkin bagi sebagian anak teknik telekomunikasi mengenal konsep Triangulation pada GSM? Triangulation di gsm  berguna untuk menentukan lokasi ponsel dengan memanfaatkan 3 buah tower antena.  Konsep ini juga diterapkan di WifiSlam.

Menurut kabar nanti ini merupakan salah satu fitur yang dimiliki oleh maps pada iphone setelah aplikasi maps yang dibuat oleh Apple banyak di kritik.

Sedikit kata dari  penulis

Dulu saya sempat ingin membuat produk yang memanfaatkan indoor mapping di startup yang saya buat. Namun terkendala oleh dana dan ijin penggunaan gedung untuk uji coba, namun ini tidak membuat ide ini mati begitu saja.  Ada teknimos yang minat untuk bergabung dan memberikan dukungan? :D