Baru-baru ini, Facebook telah mengumumkan akan melakukan perubahan signifikan pada tampilan halaman depan facebook. Teknimos pasti sudah familiar dengan tampilan news feed facebook yang sekarang. Apakah sudah nyaman dengan itu? Atau justru merasa informasi yang disana terlihat kacau? Banyak pengguna yang mengeluh, banyak kekacauan yang ada dihalaman news feed. Hal ini melatar belakangi facebook untuk merubah tampilannya.

Facebook berjanji, Tampilan yang baru ini memperkaya pengalaman penggunanya dalam memperoleh informasi yang ada di facebook. Jika tampilan sekarang ini membuat banyak informasi yang akan terlewat dan terlihat kacau. Tampilan  yang baru ini dijanjikan bisa membuat informasi-informasi yang kita suka menjadi lebih terlihat.

Salah satu fitur yang mengurangi kekacauan ada di bagian news feed, yakni sub feed. Pengguna bisa memilih untuk fokus ke konten tertentu, misalnya hanya menampilkan foto, video, konten dari teman tertentu atau dari pages tertentu. Jadi kontennya tidak bercampur aduk seperti sekarang.

Selain itu, tampilan yang baru ini terinspirasi dari tampilan facebook versi mobile. Tujuannya agar tampilan facebook konsisten jika dilihat dari berbagai perangkat. Komponen yang baru adalah black bar, fungsinya adalah menampung menu untuk akses grup, aplikasi, pages game dan daftar teman yang online.  Jika teknimos pernah menggunakan facebook versi mobile, pasti familiar dengan black bar ini. Tampilannya bisa di lihat pada gambar berikut :

Fokus Ke Visual

Tampilan konten yang news feed di desain ulang oleh facebook. Konten multimedia seperti foto, artikel dan video ditampilkan lebih besar dan lebih banyak gambar yang tampil di halaman facebook. Membuat tampilan facebook menjadi lebih visual dibanding sekarang.  Dan yang paling terlihat adalah garis batas antar konten, seperti yang terlihat di Instagram atau Google+. Sebelumnya, tidak ada garis batas yang memisahkan konten satu dengan lainnya.

Menonjolkan Gambar

Selain membuat tampilannya konsisten antar perangkat, facebook juga mencoba membuat tampilannya lebih sederhana dan efisien.  Yang menarik, kita tidak akan menemukan kata “facebook” disini. Hanya ada logo facebook di bagian atas. Mungkin memang untuk mengefisienkan tempat atau karena facebook sudah begitu dikenal, sehingga tidak perlu lagi menyebutkan nama dihalaman utamanya.

Terinspirasi Dari Google+ ?

Jika Teknimo lihat sekilas, tampilan facebook yang baru ini mengingatkan pada tampilan Google+. Memang tidak benar-benar sama, namun beberapa elemen desainnya cukup mirip. Teknimos bisa perhatikan screenshoot tampilan Google+ dibawah ini, bagaimana? apakah terlihat Mirip?

Video

Ini adalah video dari Facebook yang menceritakan desain baru ini :

Ya!  Saya Ingin Tampilan Ini Sekarang Juga

Walau sudah diumumkan, namun tampilan ini masih membutuhkan waktu beberapa minggu hingga benar-benar diterapkan. Saat ini, facebook masih menggunakan tampilan yang lama. Perubahannya sendiri akan dilakukan secara bertahap. Jika Teknimos ingin segera menggunakan tampilan ini, bisa mengunjungi halaman pengumuman facebook ini. Lalu scroll kebawah terus dan klik tombol besar untuk masuk menjadi waiting list. Bagaimana pendapat teknimos mengenai tampilan baru ini? Silahkan share disini :D.