Siaran Langsung di Youtube

Felix Baumgartner, seorang penerjun payung dan stuntman asal Austria  ini memang sedang menjadi pembicaraan hangat di dunia.  Aksi terjun payung  yang dilakukannya  pada hari Minggu, 14 oktober 2012, mampu memecahkan beberapa rekor dunia sekaligus.  Terjun payung dilakukan dari ketinggian 128.100 kaki atau 39.044 m dan merupakan aksi terjun payung tertinggi yang pernah di lakukan manusia. Setelah jatuh bebas selama 4 menit 20 detik, parasutnya dibuka dan memecahkan rekor  jarak jatuh bebas terpanjang (36,5 Km).

Felix Baumgartner

Selain itu, kecepatan maksimum saat ia jatuh melebihi kecepatan suara (372 m/s atau 1,24 kali kecepatan suara). Kecepatan ini membuat Felix adalah manusia pertama yang bergerak melebihi kecepatan suara, saat berada di luar pesawat terbang.  Kecepatan ini bisa di pertahankan selama kira-kira 20 detik dan makin pelan setelah kepadatan atmosfer cukup untuk mengerem kecepatannya.

Tidak hanya rekor fisik yang di pecahkannya, Aksi ini juga memecahkan rekor di dunia online.   Aksi terjun payungnya di siarkan secara langsung di youtube dan memecahkan rekor sebagai siarang langsung dengan penonton terbanyak. Seperti yang di beritakan di blog youtube,  ada lebih dari 8 juta orang yang menonton siaran ini secara bersamaan. Jumlah ini bervariasi dari waktu-ke waktu, namun jumlah terbanyaknya adalah 8 juta orang.  Artinya sebelum aksi terjun dilakukan, sudah ada rekor  yang di pecahkan.

Rekor penonton siaran langsung terbanyak sebelumnya  ada pada saat siaran langsung  Olimpiade di London, dengan puncak penonton sebanyak 500 ribu orang .  Sangat jauh dibandingkan dengan jumlah penonton aksi terjun payung ini. Aksi yang cukup menarik perhatian.  Aksi yang disponsori oleh Red Bull ini membutuhkan persiapan selama lima tahun dan melibatkan kalangan peneliti, dokter dan militer.

Detik-detik sebelum loncat

 Berikut ini video 90 detik aksi terjun payung Felix Baumgartner


Sumber gambar : Mashable