wwdc_2013Event WWDC (Worldwide Developers Conference) merupakan konferensi tahunan yang diadakan oleh Apple. Berisi rangkaian kegiatan yang di ikuti oleh developer yang sudah membeli tiket. Tahun ini, WWDC diadakan pada tanggal 10-14 Juni. Pendaftaran sendiri mulai dibuka tanggal 25 April  pukul 10 pagi waktu pasifik, dengan harga yang tidak murah, yakni $1599, atau sekitar hampir 16 juta rupiah.

Yang menarik, sekitar 5000 tiket habis terjual dalam waktu kurang dari 2 menit sejak pendaftaran dibuka. Tiap tahun, tiket WWDC memang makin cepat terjual habis, tapi tidak ada yang mengira akan terjual dalam waktu sesingkat ini. Sebagai perbandingan, pada tahun 2012 lalu, tiket terjual habis dalam waktu kurang dari 2 jam. Tahun 2011 terjual dalam waktu kurang dari 12 jam, dan membutuhkan waktu 8 hari sampai tiket tahun 2010 terjual habis.

Acara ini memang mengundang daya tarik banyak developer diseluruh dunia. Dalam periode waktu 10-14 juni, ada lebih dari 100 sesi, kunjungan laboratorium secara ekstensif dan event-event menarik lainnya. Disini developer bisa bertemu insinyur Apple dan rekan-rekan lain yang bisa diajak berbagi ilmu. Tentu untuk developer, harga tiketnya sebanding dengan banyaknya kesempatan yang ada disana. Apalagi mengingat ekosistem aplikasi di Apple menguntungkan bagi mereka.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk bisa ikut, developer harus terdaftar dulu sebagai salah satu program developer berbayar milik Apple, paling tidak sejak 24 April. Tiket hanya terbatas untuk 1 orang untuk 1 organisasi atau perusahaan. Selain tiket berbayar, khusus tahun ini, Apple juga menyediakan 150 tiket gratis untuk developer yang masih sekolah, namun tentu saja harus melalui seleksi dulu.wwdc_2013_sold_out

Bagi developer sendiri, membeli tiket dalam rentang waktu 2 menit itu seperti membeli lotere, peran keberuntungan sangat besar. Salah satu penulis Cult Of Mac, ┬ámencoba membeli tiket sejak pendaftaran dibuka, namun gagal. “Saya mulai merefresh browser sepuluh menit sebelum WWDC dibuka, dan ketika sudah dibuka, saya secara instan mendapatkan pesan error ketika mencoba untuk login ke lebih dari 1 browser. Begitu banyak orang yang mengakses halaman pembelian tiket WWDC, Sistem login Apple lumpuh. Pada pukul 10:02, semua tiket sudah habis. Kecuali beruntung, kamu tidak akan punya kesempatan ikut.”

Tingginya permintaan tiket tidak lantas Apple bisa dengan mudah menambah kapasitas WWDC untuk lebih banyak developer. Tahun ini saja sudah lebih besar dari tahun sebelumnya, dan makin banyak insinyur yang dikerahkan Apple untuk menangani event ini. Dan sulit untuk membuatnya lebih besar. Tapi kabarnya Apple akan menyediakan lebih banyak video yang meliput event ini untuk developer lain. Ada teknimos yang tertarik ikut tahun depan? Mesti banyak-banyak berdoa mulai sekarang berarti :D