Bagi pecinta open source, tidak mungkin tidak mengenal Ubuntu OS. Ya, sistem operasi di bawah keluarga debian dan buatan canonical ini paling terkenal di dunia Linux. Kabar paling baru, Ubuntu 12.10 telah rilis pada hari ini.

Dengan nama “Quantal Quetzal” dan tagline “Avoid the pain of Windows 8.” yang seolah-olah menantang sistem operasi buat Microsoft, Ubuntu memiliki 10 fitur baru yang akan memanjakan penggunanya :

1. Web Apps (blurring web and desktop

Ubuntu 12.10 ini membuat anda menjadi semakin mudah terhubung dengan layanan web apps yang paling populer dengan mengunakan aplikasi desktop. Misalnya twitter, facebook, amazon, Ubuntu one, dan lainnya.

2. Unity previews

Tampilan animasi yang yang menarik membuat mata Anda dimanjakan. Unity previews juga menyajikan preview dari sebuah aplikasi.

3. Previews App Installs

Dengan fitur ini anda bisa mencari dan menginstall aplikasi Ubuntu di dash unity tanpa harus menggunakan Ubuntu software center.

4. Online Account

Fitur ini memudahkan anda untuk tetap terkoneksi dengan social network anda seperti facebook, twitter, google +, dll melalui sebuah aplikasi online accounts.

5. Encryption

Fitur ini memperbolehkan penggunakanya untuk memasang password pada Ubuntu.

6. Remote login

Fitur ini membuat anda bisa me-remote komputer anda yang lain.

7. Windows management

fitur ini mempercepat Anda menutup aplikasi yang tidak dibutuhkan.

8. Ubuntu one updates

Layanan cloud Ubuntu ini menyediakan fitur file management yang lebih bagus dari sebelumnya.

9. Shopping lens

Bekerjasama dengan Amazon, Ubuntu membuat fitur untuk bisa berbelanja dengan mudah melalui dash unity. Jika tidak suka, fitur ini bisa dimatikan.

10. Themes tweaks

Mengatur theme pada Ubuntu menjadi lebih mudah dengan Themes tweak

Untuk selengkapnya anda bisa tonton video berikut :

Jadi tunggu apalagi, untuk teknimos pecinta Ubuntu bisa men-download Ubuntu terbaru di sini. Enjoy open source :)