Tablet Microsoft Surface  sudah secara resmi dijual sejak 26 Oktober lalu. Platform windows 8 ini akan bersaing dengan dua besar pemimpin pasar tablet yang sudah mapan sebelumnya, iOS dan tablet Android. Microsoft sudah mempertaruhkan banyak resource untuk membuat tablet dan sistem operasi baru sejak beberapa beberapa tahun terakhir. Microsoft Surface memiliki banyak diferensiasi dengan tablet lain.  Namun apakah tablet buatan Microsoft ini benar-benar lebih baik daripada tablet saingannya?

Readwrite, salah satu situs teknologi membuat video komparasinya. Dalam video  tersebut iPad generasi ketiga dibandingkan secara langsung dengan Surface untuk melakukan tugas-tugas standar di tablet

Tugas yang dilakukan disini adalah :

    1. Membuka Website
    2. Men-download dan menginstal aplikasi
    3. Menulis kalimat
    4. Membuka kamera dan mengambil beberapa gambar
    5. Menjalankan beberapa aplikasi sekaligus
Dalam video tersebut, iPad unggul pada kecepatan koneksi dan dapat membuka Website lebih cepat. Pada uji kedua, iPad juga lebih cepat untuk mencari, men-download, dan menginstal aplikasi.
Untuk hasil uji ketiga menurut Teknimo sangat subjektif , yakni tes kecepatan mengetik di tablet. Setiap orang memiliki kecepatan dan tingkat kenyamanan yang berbeda. Komparasinya sendiri tidak head-to-head. Pada iPad, penguji dalam video menggunakan keyboard sentuh. Sementara pada Surface, digunakan keyboard touchsmart. Hasilnya seri.
Dalam penggunaan kamera, keduanya sama-sama responsif, memiliki autofocus yang cepat, dan bisa mengambil gambar berkali-kali tanpa lag.
Sementara itu, di sisi multitasking, Surface memiliki keunggulan yang tidak ditemukan di iPad. iPad hanya bisa menampilkan satu aplikasi pada layar, namun pada Surface membuat pengguna bisa membuka dua aplikasi dalam satu layar sekaligus.
Tentu saja seperti produk lain, keduanya punya kelebihan masing-masing. iPad lebih ramping dari Microsoft Surface dan memiliki unggul pada koneksi data. Dan Surface unggul perihal multitasking. Walaupun begitu semuanya kembali pada pengguna, bergantung pada mana yang paling nyaman dan membuat penggunanya produktif. Bagaimanapun dengan munculnya banyak seri  tablet, teknimos menjadi punya banyak pilihan, kan? Teknimos punya pendapat?
Berikut ini video komparasi iPad dan Surface, credit dari Teknimo untuk readwrite