Zalora - Android Apps on Google PlaySeringkah Teknimos menggunakan smartphone untuk belanja? Jika ya, maka Teknimos termasuk salah satu dari banyak orang yang mulai membawa tren belanja mobile. Portabilitas dan kemudahan penggunaan smartphone saat ini sangat mendukung aktivitas mobile e-commerce. Apalagi dengan fakta harga smartphone yang makin murah dan canggih, makin banyak orang memilikinya.

Tren inilah yang membuat banyak perusahaan e-commerce memulai melirik pengguna perangkat mobile. Termasuk Zalora, penyedia layanan e-commerce yang khusus menyediakan produk fashion.

Tanggal 18 Juli lalu Zalora meluncurkan aplikasi Zalora untuk sistem operasi Android. Peluncuran ini dilakukan tiga bulan setelah sebelumnya sukses meluncurkan aplikasi untuk sistem operasi iOS.

Sebagai informasi, Zalora saat ini sudah melayani pelanggannya di delapan negara di Asia, termasuk Indonesia. Zalora diluncurkan pada tahun 2012 dan berkembang pesat. Bahkan sempat meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Situs Perdagangan Fesyen Terbesar di Indonesia.

Sebelum meluncurkan aplikasi mobile, pembelian pelanggan dilakukan melalui Website Zalora di http://zalora.co.id. Namun karena tingginya angka pengunjung yang menggunakan perangkat mobile, Zalora membuat aplikasi native untuk iOS dan dilanjutkan aplikasi native untuk Android. Aplikasi ini akan memudahkan calon pembelinya untuk mencari barang dan melakukan pembelian melalui perangkat mobile.

“Perkembangan kami dalam mobile commerce di awal tahun ini telah terbukti menjadi langkah yang tepat bagi ZALORA. Saat ini hampir 25% dari visit Website kami berasal dari mobile dan akan makin berkembang pesat dengan adanya aplikasi Android ini,” ujar Hadi Wenas, Managing Director dan co-founder ZALORA Indonesia.

Aplikasi Android

Teknimo akan mengulas aplikasi untuk Android Zalora yang belum lama diluncurkan. Fungsionalitas aplikasi ini diantaranya penelusuran produk beserta informasinya, shopping cart, dan push notification saat barang baru tersedia, atau terdapat promo khusus.

HAlaman Utama

Halaman Utama

Pada halaman utama, Teknimos dapat memilih daftar produk berdasarkan gender yakni produk untuk pria atau wanita. Informasi diskon dan barang baru juga dapat diakses melalui halaman utama. Untuk penelusuran lebih jauh, dapat dilakukan melalui menu utama, di sini produk bisa ditelusuri berdasarkan kategori dan merek.

Aplikasi Android Zalora

Halaman Kategori

Foto produk, harga, deskripsi, dan pilihan produk seperti warna dan ukuran dapat ditemukan pada halaman produk. Jika tertarik, Teknimos dapat langsung membelinya melalui aplikasi ini. Untuk membeli, dibutuhkan proses login terlebih dahulu. Jika belum memiliki akun Zalora, Teknimos bisa melakukan pendaftaran . Tentunya fasilitas registrasi juga sudah disediakan pada aplikasi ini.

Untuk Pecinta Fashion

Aplikasi ini cocok untuk Teknimos pengguna Android yang akrab dengan fashion. Banyak yang bisa dilakukan dengan aplikasi ini. Untuk sekadar melihat katalog produk, meng-update pengetahuan tentang fashion terkini, hingga membeli produk. Dibandingkan dengan versi mobile Web Zalora, aplikasi ini menawarkan user experience yang lebih baik. Tampilanya lebih nyaman dilihat dan lebih bersih. Navigasinya pun lebih memudahkan pengguna untuk menelusuri produk. Walau mungkin akses data akan lebih lambat dibanding mobile Web karena tidak ada kompresi data, namun hal ini hanya akan terasa pada koneksi internet yang lambat.

Walau begitu, pengembangan lanjutan aplikasi Zalora masih dibutuhkan. Aplikasi belum memiliki fitur-fitur tertentu seperti pencarian lebih lanjut, filter harga, dan wishlist yang biasanya menjadi fitur ‘wajib’ pada e-commerce. Mengingat umur aplikasi yang belum genap dua bulan, absennya fitur-fitur tersebut dapat dimaklumi dan umumnya akan disempurnakan pada versi rilis berikutnya.

Rating aplikasi Zalora di portal Google Play bisa dikatakan baik. Sebagian besar penggunanya memberikan rating 5. Rating total hingga akhir Agustus 2013 adalah 4.5. Jika Teknimos senang berbelanja online, aplikasi ini akan cocok untuk diinstal. Dengan aplikasi ini, Teknimos tidak harus pergi ke pusat perbelanjaan untuk sekadar melihat tren fashion terkini. Walau mungkin bagi sebagian orang, kurang ‘greget’ jika tidak memihat langsung produk ya Teknimos :D . Jika Teknimos ingin menginstal aplikasi ini, dapat mengunduhnya di Google Play Store.